Senin, 10 April 2017

CARA MEMBUAT PORTOFOLIO



Assalamualaikum , salam sejahtera bagi kita semua !!! Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung lagi di blog saya ini. Baik untuk pembahasan kali ini saya ingin membahas tentang Portofolio.Portofolio mungkin bagi sebagian orang kedengarannya masih asing. Sebenarnya apa sih portfolio itu? Portfolio merupakan laporan lengkap berupa kumpulan dokumen atau informasi dari seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 


http://www.flamingosolution.com/2015/04/mengenal-tentang-seputar-portofolio.html

Portfolio ada bermacam-macam jenis, dalam dunia pendidikan portfolio digunakan untuk mendokumentasikan perkembangan individual pelajar untuk mengetahui proses pembelajaran dan prestasi yang dicapainya, sementara dalam dunia kesenian portofolio merupakan kumpulan karya terbaik dari seniman.
Dalam penyusuan portofolio sebaiknya kita melakukan hal berikut :

1. Pilihlah karya terbaik yang Anda miliki yang sekaligus mewakili selera pribadi Anda. Untuk itu, Anda harus selektif memilih karya-karya yang anda miliki. Jangan sekalipun Anda menyertakan hasil karya yang Anda sendiri sadar bahwa karya itu tidak begitu bagus. 
2. Karya yang Anda pilih harus dapat menunjukkan spesialisasi Anda. Misalkan, Anda berpengalaman di bidang fotografi fashion, maka tonjolkan foto-foto fashion ketimbang foto-foto still life. Jika Anda piawai dalam desain interior kantor maka tonjolkan karya desain interior terbaik Anda.
3. Bisa juga Anda sertakan keterangan gambar dengan memuat tanggal dibuat dan sedikit penjelasan tentang karya Anda. Misalnya kapan dan dalam rangka apa Anda membuat karya tersebut.
4. Jangan sekalipun Anda menyertakan hasil karya teman atau orang lain di dalam portofolio Anda. Jika orang yang karyanya Anda bajak itu tahu, Anda akan berurusan panjang dengannya. Anda akan dikenakan tuduhan telah melanggar HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Biar bagaimanapun lebih aman menyertakan karya asli pribadi.
5. Gunakan format kertas yang tidak terlalu besar. Karena kertas yang besar selain boros, juga akan menyulitkan jika Anda harus melakukan presentasi atas karya-karya Anda. Lebih baik Anda gunakan kertas A4, walaupun Anda membuat portofolio arsitektur maupun seni rupa.
6. Untuk warna dasar Anda bebas memilih sesuai selera Anda. Tetapi agar lebih jelas mungkin Anda bisa memilih hitam sebagai warna dasar hasil karya-karya Anda.

Bagaimana dengan pemaparan diatas ? Apa sudah mengerti soal portofolio ? Kamu sendiri pernah bikin portofolio belum? Sebelumnya saya pun belum mengerti tentang portofolio ketika akan mendaftar di PTN yang membutuhkan portofolio, tapi kini saya sudah mengerti dan terbiasa membuat fortopolio ya walau tidak sebagus teman se-kelas. Mungkin kalau keahlianmu di bidang desain maupun fotografi, hal ini sudah pernah kamu lakukan. Karena, terkadang orang lain akan menilaimu hanya dengan melihat portofolio. Ini bisa menjadi sebuah pendekatan terhadap calon klien.



http://www.lingkarwarna.com/2015/10/teknik-penyajian-portofolio-desain-arsitektur.html

Tapi Portofolio juga tidak hanya ada didunia Design / Seni tapi juga ada dibeberapa bidang dan juga memiliki pengertian dalam tiap-tiap bidangnya 

Pengertian Portofolio Dilihat dari Beberapa Bidang :
      1. Portofolio dalam Bidang Keuangan
Pengertian portofolio di bidang keuangan adalah sekumpulan investasi yang dipunyai oleh perusahaan ataupun korporasi tertentu. Portofolio biasanya menggambarkan bahwa sebuah perusahaan merupakan salah satu atau bagian dari sebuah investasi tertentu. Portofolio sendiri biasanya dibuat untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi dalam sebuah investasi.
http://dapenbtn.com/dapen1/index.php/keu/79-keu2013

       2. Portofolio dalam Bidang Manajemen dan Pemasaran
Dalam dunia pemasaran, istilah portofolio dipakai untuk menggambarkan sekelompok produk, jasa, ataupun merk yang akan ditawarkan kepada konsumen (biasanya perusahaan – perusahaan besar). Orang-orang yang bekerja di bidang manajemen dan pemasaran biasanya menunjukkan portofolio saat ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Dengan menggunakan berbagai macam portofolio yang mereka miliki, diharapkan jalinan kerja sama dapat lebih mudah dibentuk.
      3. Portofolio dalam Bidang Politik dan Pemerintahan
Pengertian portofolio di bidang politik dan pemerintahan adalah sebagai pilar pemerintahan dan juga kewajiban menteri-menteri yang ada dalam kabinet, serta seluruh pejabat yang memegang kendali departemen yang ada di pemerintahan.
           4. Portofolio dalam Bidang Pendidikan
Arti portofolio di bidang pendidikan adalah sebagai catatan ataupun berkas yang digunakan untuk menunjukkan pencapaian ataupun prestasi seseorang. Portofolio di bidang pendidikan biasanya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menilai kemampuan seseorang secara akademik. Beberapa berkas portofolio di dunia pendidikan yaitu Ijazah, Rapor, Sertifikat penghargaan akademik, Piagam penghargaan, Sertifikat Pelatihan, Sertifikat kursus, dan berbagai macam berkas lainnya.


 


https://web.snmptn.ac.id/portofolio                


Di bidang seni, istilah portofolio memiliki arti sekumpulan bukti – bukti hasil kerja ataupun karya yang pernah dibuat oleh seorang seniman. Portofolio dalam dunia seni biasanya ditunjukkan ketika seorang seniman, artis, ataupun arsitek sedang mencari pekerjaan ataupun ikut dalam tender tertentu. Beberapa contoh berkas portofolio di bidang seni yaitu foto, cetak biru rancang bangun, kliping, lukisan, dll.








http://dellyani.blogspot.com/2013/05/contoh-10-portofolio-arsitektur.html

Nah, bagaimana dengan portfolio dalam dunia lowongan kerja?Portofolio hampir sama dengan CV (Curriculum Vitae) yang biasanya untuk melamar pekerjaan. Sedangkan perbedaan Portofolio dengan CV adalah porotfolio berisi data lengkap dan mendetail tentang biografi seseorang seperti riwayat pekerjaan, prestasi, contoh proyek yang pernah dikerjakan atau contoh karya desain & gambar (jika seseorang berprofesi sebagai designer). Portofolio biasanya disertakan dalam surat lamaran yang ditujukan ke perusahaan-perusahan besar untuk memberikan informasi dan data akurat pelamar. Portofolio ini bisa dikemas dalam bentuk buku yang tipis, slide show atau video sesuai dengan kebutuhan saat melamar pekerjaan. Dalam pekerjaan didunia Arsitektur yang sedang saya geluti terdapat beberapa langkah untuk penyusunan portofolio untuk melamar kerja
        1.  Software skills- lebih kepada pemahaman tentang software, fungsi fungsi yang ada di dalam sebuah software, bisa di bilang objektifitas tentang sofware lah atau pengetahuan pengetahuan tentang fungsi tools yang ada di dalam interface sebuah software. Contohnya:Adobe photoshop, Adobe ilustrator, Autodesk autocad, Autodesk revit, Autodesk BIM, Autodesk ecotec , Autodesk 3ds max, mentalray, vray, google skecthup dll
2. Graphic skills- kalau pada point pertama tadi kita berbicara mengenai pengetahuan tools software maka pada poin kedua ini maksudnya lebih ke pada ilmunya, kepahaman tentang seluk beluk teknik menggambar, maping,membuat konsep diagram, hand sketching, pemahaman rendering, pengkomposisian, pemahaman 3d modeling, fotography dll  
    3.Technical understading- merujuk kepada pengetahuan teknis seperti, struktur, detail, mekanikal elektrikal, plumbing, lighting, material dan lainnya
4. Design interest- lebih kepada spesifikasi desain yang anda geluti misalnya, housing, masshousing, rumah sakit, hotel, resort, cafe and resto, green arsitektur, substainability,  kompetisi dan lain sebagainya.
5. Desain anda yang telah terbangun, penghargaan award yang mungkin pernah anda terima, atau pekerjaan anda yang pernah di publikasikan di media seperti televisi dan surat kabar.

Note : Portofolio itu sangat di perlukan karena kita bias mendokumentasikan karya kita ( untuk yang dibidang seni ) , juga untuk menunjukan bahwa kita mampu dan berpengalaman dalam bidang itu ketika kita akan melamar kerja kelak. Lalu kapan sebenarnya portofolio dibutuhkan ? portofolio dibuat ketika kita telah memiliki karya untuk di publikasikan.
Sekian pemaparan saya tentang portofolio terima kasih atas kunjungannya , jumpa lagi di artikel selanjutnya ya Wassalamualaikum.

sumber web :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum , salam sejahtera bagi kita semua ya , apa kabar semuanya! Jumpa lagi di blog ArsitekSTAR , kali ini saya akan membahas men...